Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Mengadakan Kuliah Dosen Tamu dari Universitas Tanjungpura

0
168

Tanjungpinang – Pada hari ini (Kamis) tanggal 10 Desember 2020 Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menyelenggarakan Kuliah Dosen Tamu: “Pengkajian Status Ekologi Sungai Menggunakan Makroavertebrata”. Dosen tamu kegiatan ini adalah Ibu Yunita Magrima Anzani, S.Pi., M.Si. yang merupakan Dosen Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Universitas Tanjungpura. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini merupakan kegiatan perkuliahan mata kuliah (MK.) Produktivitas Perairan dengan mendatangkan dosen tamu yang ahli dibidangnya, sebagai bentuk pengejewantahan dari program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar. Kuliah dosen tamu ini dimoderatori oleh Bapak Wahyu Muzammil, S.Pi., M.Si. yang merupakan salah satu dosen pengampu MK. Produktivitas Perairan.

Dalam pemaparannya Ibu Yunita Magrima Anzani, S.Pi., M.Si. menyampaikan keberadaan kelompok makroavertebrata ini di sungai dapat dijadikan bioindikator kualitas suatu sungai. Makroavertebrata berdasarkan kepekaan/sensitivitasnya terbagi menjadi intoleran, fakultatif, dan toleran yang dapat menjadi penanda awal dari kualitas suatu sungai. Kemudian dalam pemaparannya yang sangat penting adalah menentukan penggunaan indeks biotik yang sesuai dengan karakteristik sungai yang diteliti, dikarenakan setiap wilayah sangat mungkin memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Sehingga penggunaan indeks biotik family biotic index (FBI), lincoln quality index (LQI), Singscore, dan indeks lainnya sering diperoleh hasil interpretasi yang berbeda-beda pula.

Kuliah dosen tamu ini dihadiri oleh 62 peserta yang terdiri dari mahasiswa MSP UMRAH yang mengambil MK. Produktivitas Perairan, Koordinator MK. Produktivitas Perairan (Bapak Tri Apriadi, S.Pi., M.Si.), Kepala Laboratorium Riset Produktivitas dan Lingkungan Perairan (Ibu Winny Retna Melani, S.P., M.Sc), dan Dosen-Dosen Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan dari berbagai Universitas. Peserta sangat antusias dengan adanya berbagai diskusi dan tanya jawab dari peserta, baik mahasiswa dan dosen kepada penyaji. Kegiatan kuliah dosen tamu ini disambut positif oleh peserta dan juga terbukanya peluang kolaborasi riset antar dosen dari berbagai universitas.

Pemaparan oleh dosen tamu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here