Kompetensi Lulusan

Rumusan umum kompetensi lulusan di Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan  melingkupi capaian pembelajaran program studi (PLO) Manajemen Sumberdaya Perairan,  sebagai berikut:

  1. Menguasai konsep, prinsip dan metode pengelolaan sumberdaya perairan , pesisir dan laut
  2. Mampu menganalisis dan menentukan pendekatan pengelolaan sumberdaya perairan, pesisir dan laut
  3. Mampu menganalisis dan menentukan kondisi sumberdaya (ekotoksikologi, pencemaran, dan dinamika) ekosistem  perairan dengan memanfaatkan alat/instrumen observasi dan sistem informasi lingkungan perairan, pesisir dan laut
  4. Mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menjelaskan tentang karakteristik organisme, proses dan fenomena perairan, pesisir dan laut.
  5. Mampu mengidentifikasi, menganalisis, merumuskan, melaporkan dan merekomendasikan penyelesaian masalah –masalah pengelolaan sumberdaya perairan
  6. Menguasai konsep perencanaan strategis dan administrasi di bidang pengelolaan sumberdaya perairan, pesisir dan laut.
  7. Mampu membuat perencanaan strategis dan program kerja kegiatan pengelolaan sumberdaya perairan, pesisir dan laut.
  8. Mampu mengkomunikasikan gagasan dan pengetahuan tentang pengelolaan sumberdaya perairan, pesisir dan laut  secara lisan dan tulisan.
  9. Mampu berkomunikasi dan melakukan pelayanan publik, serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah pengelolaan sumberdaya  perairan, pesisir dan laut.
  10. Mampu bekerja secara kelompok dalam penyelesaian masalah pengelolaan sumberdaya perairan, pesisir dan pulau-pulau laut.
  11. Mampu memanfaatkan peluang untuk berwirasuaha yang berwawasan lingkungan