Dalam rangka melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi (pengajaran, penelitian, serta pengabdian), dosen-dosen Program Studi MSP FIKP UMRAH mengadakan “Sosialisasi Pengenalan Ekosistem Perairan Pulau-pulau Kecil” kepada siswa SMA di Tanjungpinang.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UMRAH, Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi., DEA. Rangkaian kegiatan sosialisasi diawali di SMAN 5 Kota Tanjungpinang pada tanggal 2 Februari 2018, dilanjutkan ke SMAN 1 Kota Tanjungpinang pada 5 Februari, SMAN 2 Kota Tanjungpinang pada 9 Februari, serta diakhiri di SMAN 6 Kota Tanjungpinang pada 2 Maret 2018.

Sosialisasi yang dilakukan meliputi pengenalan ekosistem mangrove (bakau), lamun, terumbu karang, perairan tawar pulau kecil, serta biota yang ada di masing-masing ekosistem. Selain itu dijelaskan pula fungsi, peran, dan manfaat masing-masing ekosistem serta upaya menjaga lingkungan agar tetap terjaga kelestariannya.

Dr. Febrianti Lestari selaku Ketua Program Studi MSP UMRAH menyampaikan bahwa targetan utama dari kegiatan ini adalah timbulnya pemahaman serta kesadaran generasi muda kota Tanjungpinang akan keberadaan ekosistem pesisir yang sangat dekat dengan kehidupan mereka. Selain melakukan sosialisasi, tim Dosen MSP UMRAH juga melakukan penilaian pengetahuan peserta sosialisasi di masing-masing SMA yang dikunjungi berkaitan dengan ekosistem pesisir, serta melakukan pengenalan jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan kepada siswa kelas XII.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here