Program studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) pada Selasa, 9 Januari 2018 telah menjalani proses audit internal yang dilakukan oleh Satuan Penjamin Mutu Internal (SPMI) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH). Kegiatan audit internal ini dilakukan dalam rangka monitoring (penjaminan mutu) sistem di setiap unit kerja Universitas Maritim Raja Ali Haji.  Myrna Sofia, SE., M.Si selaku auditor melakukan verifikasi berbagai hal berkaitan dengan rencana, pelaksanaan, serta evaluasi program Tridharma Perguruan Tinggi yang ada di Program Studi MSP.

Dalam pelaksanaan audit internal tersebut, Dr. Febrianti Lestari, S.Si., M.Si. selaku Ketua Program Studi MSP telah memaparkan beberapa klausul yang menjadi point penting dalam akreditasi ini. Beberapa hal yang dibahas dalam audit initernal ini meliputi:

  1. Visi, misi, dan tujuan program studi MSP
  2. Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, penjaminan mutu, dan sistem informasi
  3. Mahasiswa dan lulusan
  4. Sumberdaya manusia
  5. Kurikulum, pembelajaran, serta suasana akademik
  6. Pembiayaan, sarana, dan prasarana
  7. Penelitian, pelayanan, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

 

Berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan auditor, terdapat beberapa catatan untuk perbaikan sistem di Program Studi MSP, salah satunya adalah peningkatan manajemen dokumen sebagai bukti pelaksanaan seluruh kegaiatan atau program yang telah dilaksanakan.

Adanya audit internal ini benar-benar menjadi sarana evaluasi diri bagi Program Studi MSP UMRAH untuk selalu berpegang pada prinsip Quality Management System : “kerjakan apa yang dicatat, catat apa yang dikerjakan, serta peninjauan (review) dan evaluasi”. Melalui perbaikan yang dilakukan berdasarkan hasil evaluasi di audit internal ini diharapkan dapat menjadi perbaikan secara berkelanjutan di lingkup program studi MSP.

Jayalah MSP, jayalah perairanku….

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here