Peneliti Limnologi (Pusat Riset Limnologi dan Sumberdaya Air, BRIN) Berikan Kuliah Tamu di MSP UMRAH

6
43814

Tanjungpinang – Pada hari ini (Kamis) tanggal 9 Juni 2022 Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menyelenggarakan Kuliah Dosen Tamu: “Pencemaran Organik & Anorganik di Perairan Darat”. Dosen tamu kegiatan ini adalah Bapak M. Suhaemi Syawal, S.Si., M.Si. yang merupakan Peneliti Limnologi, Pusat Riset Limnologi dan Sumberdaya Air, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini merupakan kegiatan perkuliahan mata kuliah (MK.) Analisis Fisika Kimia Perairan dengan mendatangkan dosen tamu yang ahli dibidangnya, sebagai bentuk pengejewantahan dari program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar. Kuliah dosen tamu ini dimoderatori oleh Bapak Wahyu Muzammil, S.Pi., M.Si. yang merupakan salah satu dosen pengampu MK. Analisis Fisika Kimia Perairan.

Dalam pemaparannya Bapak M. Suhaemi Syawal, S.Si., M.Si. menyampaikan perbedaan bahan organik dan anorganik, bentuk limbah dan pencemaran organik dan anorganik, logam berat, dan studi kasus di perairan darat yaitu di Sungai Citarum (Jawa Barat) dan Danau Maninjau (Sumatera Barat).

Kuliah dosen tamu ini dihadiri oleh 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa MSP UMRAH yang mengambil MK. Analisis Fisika Kimia Perairan, mahasiswa Universitas Trunojoyo (Madura), mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Banten), mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalimantan Barat, kandidat doktor dari Universitas Brawijaya, serta para dosen Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan dari berbagai Universitas, seperti Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Trunojoyo, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Islam Lamongan, dan Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat. Peserta sangat antusias dengan adanya berbagai diskusi dan tanya jawab dari peserta, baik mahasiswa dan dosen kepada penyaji. Kegiatan kuliah dosen tamu ini disambut positif oleh peserta dan juga terbukanya peluang kolaborasi riset antar Dosen dan Peneliti Limnologi, Pusat Riset Limnologi dan Sumberdaya Air, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Materi yang diberikan
Peserta Kuliah Dosen Tamu
Peserta Kuliah Dosen Tamu

Previous articleDosen MSP UMRAH Menjadi Pembicara FGD Penyusunan Materi Teknis Ruang Perairan RZ KSNT PPKT Pulau Subi Kecil dan Pulau Kepala
Next articleMahasiswi MSP FIKP UMRAH Wakili Kepri jadi Duta Maritim Indonesia 2022

6 COMMENTS

  1. На сайте https://kak-pochemy.ru/ вы сможете получить ответы на многочисленные вопросы. К примеру, вы узнаете о том, какие корма для кошек считаются самыми качественными и созданы без усилителей вкуса, химикатов, узнаете о том, какие производители диванов самые надежные. На портале представлены различные рейтинги, которые помогут определиться с покупкой. Вместе с тем, получите ответ на вопрос, который касается лучших машин до определенной суммы. Хотите отказаться от сахара, но не знаете, как это сделать? Тогда скорей воспользуйтесь советами, представленными на портале.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here