Kuliah Dosen Tamu Mata Kuliah Planktonologi

0
210

Tanjungpinang – Pada hari ini (Kamis) tanggal 21 Oktober 2021 Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menyelenggarakan Kuliah Dosen Tamu: “Biologi dan Ekologi Zooplankton”. Dosen tamu kegiatan ini adalah Ibu Dwi Yuni Wulandari, S.Pi., M.Si. yang merupakan Dosen Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, IPB University. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini merupakan kegiatan perkuliahan mata kuliah (MK.) Planktonologi dengan mendatangkan dosen tamu yang ahli dibidangnya, sebagai bentuk pengejewantahan dari program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar. Kuliah dosen tamu ini dimoderatori oleh Bapak Tri Apriadi, S.Pi., M.Si. yang merupakan salah satu dosen pengampu MK. Produktivitas Perairan.

Dalam pemaparannya Ibu Dwi Yuni Wulandari, S.Pi., M.Si. menyampaikan pentingnya mengenal zooplankton secara biologi (makhluk hidup) dan ekologinya. Dimana zooplankton tidak bisa dipisahkan dengan keberadaan fitoplankton yang merupakan makanan dalam rantai makanan bagi zooplankton. Teknik pengambilan sampel zooplankton perlu diperhatikan berapa volume air yang tersaring, baik itu pengambilan sampel statis maupun dinamis.

Kuliah dosen tamu ini dihadiri oleh 62 peserta yang terdiri dari mahasiswa MSP UMRAH yang mengambil MK. Planktonologi, kandidat doktor dari Universitas Brawijaya dan Mie University, serta para dosen Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan dari berbagai Universitas, seperti Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Tanjungpura, dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Peserta sangat antusias dengan adanya berbagai diskusi dan tanya jawab dari peserta, baik mahasiswa dan dosen kepada penyaji. Kegiatan kuliah dosen tamu ini disambut positif oleh peserta dan juga terbukanya peluang kolaborasi riset antar dosen dan mahasiswa dari berbagai universitas.

Suasana kuliah dosen tamu mata kuliah planktonologi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here