Mahasiswa dan Dosen Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan Melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Senggarang Besar

0
51

Tanjungpinang – Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan (HMJ MSP) Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menyelenggarakan Kegiatan ABDIMAS HMJ MSP 2021 yang di selenggarakan oleh Departemen Pengabdian Masyarakat HMJ MSP FIKP UMRAH periode 2020-2021 berlokasi di Senggarang Besar, RT 2 RW 5, Kel. Senggarang, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Kegiatan yang dilaksanakan secara luring ini merupakan Pengabdian Mayarakat yang tercantum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, sebagai bentuk kepedulian mahasiswa dan dosen MSP kepada masyarakat pesisir di Tanjungpinang. Dalam kegiatan ini HMJ MSP melakukan berbagai kegiatan dalam kurun waktu tiga hari dua malam (1-3 Oktober 2021).

Di hari Jum’at (1 Oktober 2021) kegiatan Pembukaan Abdimas dan Sosialisasi Ekosistem Mangrove yang dibuka oleh Sekertaris Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan yaitu bapak Tri Apriadi, S.Pi, M.Si. Dalam kata sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Senggarang besar yang telah mau bekerjasama dan  memberikan bantuannya sehingga program kerja dari HMJ MSP FIKP UMRAH dapat di realisasikan. Kegiatan selanjutnya yaitu Sosialisasi Ekosistem Mangrove yang disampaikan oleh Ketua LP3M UMRAH yaitu bapak Henky Irawan, S.Pi, MP, M.Sc. Beliau memaparkan pentingnya menjaga dan melestarikan ekosistem mangrove di pesisir Senggarang Besar. Sosialisai tersebut berjalan dengan lancar dan masyarakat juga antusias dalam mengikuti sosialisai ini hingga selesai.

Pada hari kedua Sabtu (2 Oktober 2021) diisi dengan kegiatan Lomba Melukis Tong Sampah dan Aksi Bersih Sampah Pesisir yang dibantu oleh anak-anak dan masyarakat kampung Senggarang Besar. Lomba melukis Tong Sampang dimulai pukul 10.00 WIB s/d 13.00 WIB walaupun di bawah terik matahari tetapi itu tidak menyurutkan semangat dari para peserta lomba. Pada aksi bersih sampah pesisir masyarakat juga turut ambil bagian dalam kegiatan ini. Sehingga aksi bersih sampah pesisir ini berjalan dengan cepat dikarenakan semua saling bahu membahu, baik dari mahasiswa dan masyarakat.

Pada hari ketiga, sekaligus hari terakhir pelaksanaan kegiatan (Ahad, 3 Oktober 2021) merupakan puncak dari kegiatan Abdimas ini, yaitu penanaman 1.000 bibit mangrove. Kegiatan ini berlangsung di pagi hari pukul 08.00 WIB yang dihadiri Ketua Jurusan dan dosen-dosen Manajemen Sumberdaya Perairan, Perwakilan dari Pemko Tanjungpinang, Babinsa Kelurahan Senggarang, Ketua RW, Ketua RT dan perwakilan Ormawa FIKP UMRAH yang merupakan tamu undangan.

Penanaman 1.000 bibit mangrove dilakukan secara simbolis oleh para tamu undangan dan perangkat desa senggarang besar, hal ini dilakukan karena pada hari ini kondisi pasang surut air laut sedang berada di fase surut dimalam menjelang pagi hari. Akan tetapi tidak menyurutkan semangat para tamu undangan untuk melakukan penanaman bibit mangrove walaupun secara simbolis. Kesempatan pertama di simbolisasikan oleh ketua jurusan MSP, ketua RW dan ketua RT Senggarang Besar. Lalu dilanjutkan oleh babinsa dan dosen-dosen MSP. Lalu di tutup dengan penanaman dari perwakilan ormawa FIKP UMRAH. Inilah akhir dari Kegiatan ABDIMAS HMJ MSP yang diselenggarakan oleh Departemen Pengabdian Masyarakat HMJ MSP FIKP UMRAH periode 2020-2021 yang ditutup oleh Ketua jurusan MSP, Ibu Susiana S.Pi., M.Si dengan harapan semoga kegiatan Abdimas ini dapat berkelanjutan dan membawa manfaat bagi masyarakat Senggarang Besar.

Dokumentasi kegiatan hari pertama:

Dokumentasi kegiatan hari kedua:

Dokumentasi kegiatan hari ketiga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here