Pengenalan Biota Akuatik Aliran Senggarang Dalam Rangkaian Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Unggulan Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan

0
48

Tanjungpinang – Pada hari selasa tanggal 14 September 2021, rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Dosen yang tergabung dalam Laboratorium Riset Produktivitas dan Lingkungan Perairan (Proling), Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) yaitu Ibu Winny Retna Melani, S.P. M.Sc., Bapak Tri Apriadi, S.Pi., M.Si., dan Bapak Wahyu Muzammil, S.Pi., M.Si., serta beberapa mahasiswa MSP UMRAH telah selesai dilaksanakan secara luring di ruang theater SMAN 6 Tanjungpinang. Kegiatan ini berjudul pengenalan biota akuatik aliran sungai Senggarang melalui e-katalog. Sasaran target kegiatan ini adalah siswa kelas XI SMAN 6 Tanjungpinang yang berlokasi dekat dengan aliran sungai Senggarang yang menjadi objek lokasi pengenalan kepada siswa. Materi dalam kegiatan ini disajikan dalam bentuk e-katalog dan video. E-katalog ini menampilkan cara mudah untuk mengidentifikasi biota akuatik aliran sungai Senggarang yang memiliki peran ekologis yang tujuannya ingin mengedukasi siswa untuk lebih mengenal dan cinta terhadap lingkungan habitat biota akuatik aliran sungai Senggarang dengan cara menjaga habitat aliran sungai Senggarang. E-katalog ini juga menampilkan profil dari biota akuatik aliran sungai Senggarang. Melalui video siswa belajar untuk menumbuhkan sifat simpati dan empati terhadap biota akuatik aliran sungai Senggarang dan biota laut lainnya (apalagi biota laut yang dilindungi), dengan cara menjaga dan tidak mengkonsumsi daging dari biota laut yang dilindungi tersebut.

Semua materi disajikan dalam bentuk gambar asli dan animasi yang disesuaikan dengan segmen target yang masih dalam kategori remaja yang identik dengan dunia belajar yang menyenangkan. Dalam kegiatan ini tim pengabdian melakukan pre-test dan post-test untuk mengukur sejauh mana peningkatan pemahaman siswa terhadap biota akuatik aliran sungai Senggarang. Hasil yang didapatkan dari kegiatan pengabdian ini mengindikasikan adanya peningkatan pemahaman siswa akan pentingnya menjaga biota akuatik aliran sungai Senggarang yang ada disekitar mereka. Kepala Sekolah (Bapak Daman Huri, S.Pd.Kim., M.M.) dan Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum (Ibu Fitri Sari, M.Pd.) SMAN 6 Tanjungpinang menyatakan apresiasi atas kegiatan ini, karena objek pengenalan biota akuatik aliran sungai Senggarang ada disekitar siswa dan masih banyak yang belum diketahui. Kegiatan ini merupakan sinergi dari stakeholder kampus (UMRAH) dan stakeholder SMAN 6 Tanjungpinang.

Kegiatan ini merupakan realisasi dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Unggulan Program Studi (PKMUP) Manajemen Sumberdaya Perairan yang didanai oleh LP3M UMRAH tahun 2021.

Diskusi antara ketua pelaksana pengabdian (Wahyu Muzammil, S.Pi., M.Si.) dan kepala sekolah SMAN 6 Tanjungpinang (Daman Huri, S.Pd.Kim., M.M.)
Kesepakatan pelaksanaan kegiatan pengabdian yang berlangsung pada tanggal 14 September 2021
Sambutan Kepala Sekolah SMAN 6 Tanjungpinang
Sambutan Ketua Group Riset Proling MSP UMRAH (Winny Retna Melani, S.P., M.Sc.)
Pelaksanaan kegiatan pengabdian secara luring dengan protokol kesehatan yang ketat, diikuti oleh 23 siswa kelas XI SMAN 6 Tanjungpinang
Kegiatan pengabdian ditutup dengan sesi foto bersama pose Salam Maritim khas UMRAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here