Kunjungan Lapangan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan Angkatan 2018 ke Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) PT. Pulau Bintan Djaya

0
592

Bintan – Dosen dan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Angkatan 2018 melakukan kunjungan lapang ke Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) PT. Pulau Bintan Djaya. Kunjungan lapang ini merupakan pengenalan secara langsung peran mikroba perairan dalam pengelolaan air limbah, dimana secara teoritis sudah dijelaskan di ruang kelas.

Pengarahan oleh pihak PT. Pulau Bintan Djaya sebelum memasuki area instalasi pengolahan air limbah (IPAL)

Kunjungan lapang ini dilaksanakan pada hari Jum’at 20 Desember 2019 yang merupakan bagian pembelajaran dari Mata Kuliah Mikrobiologi Perairan yang diampu oleh Bapak Tri Apriadi, S.Pi M.Si dan Bapak Wahyu Muzammil, S.Pi M.Si. Rombongan Dosen dan Mahasiswa MSP UMRAH disambut oleh pihak perusahaan yang diwakili oleh Ibu Dini Dwi Pratiwi, A.Md.Kl dan Bapak Muhammad Hidayaturahman, AMKep mengapresiasi kunjungan lapang ke perusahaan dan berharap mahasiswa dapat belajar banyak dari IPAL yang diterapkan perusahaan dan menambah wawasan terkait Mata Kuliah Mikrobiologi Perairan.

Penjelasan oleh Ibu Dini Dwi Pratiwi, A.Md.Kl terkait pengolahan air limbah secara fisika

Selama kunjungan lapang ini, pihak Ibu Dini Dwi Pratiwi, A.Md.Kl dan Bapak Muhammad Hidayaturahman, AMKep menjelaskan banyak hal kepada mahasiswa terkait IPAL di perusahaan karet ini, mulai dari penanganan secara fisika (penyaringan dan pengendapan) dan biologi (penggunaan lumpur aktif/mikroba). Pada tahap penanganan secara biologi inilah peran mikroba perairan sangat besar manfaatnya, salah satunya dalam hal pengolahan air limbah.

Penjelasan oleh Ibu Dini Dwi Pratiwi, A.Md.Kl terkait pengolahan air limbah secara biologi

Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi mahasiswa dengan antusiasnya mereka bertanya terkait IPAL dan peran mikroba perairan ini. Diharapkan dengan kegiatan ini mahasiswa mendapatkan banyak pengalaman nyata akan pentingnya mikroba perairan dalam meningkatkan kualitas hidup manusia, diantaranya dalam pengolahan air limbah.

Penyerahan cinderamata berupa plakat dari Dosen MSP UMRAH ke perwakilan PT. Pulau Bintan Djaya

Kunjungan lapang ini diakhiri dengan pemberian cinderamata berupa plakat, sebagai bentuk ucapan terima kasih dari pihak MSP UMRAH kepada pihak PT. Pulau Bintan Djaya yang diwakili oleh Bapak Tri Apriadi dan Bapak Wahyu Muzammil (MSP UMRAH) dan Ibu Dini Dwi Pratiwi dan Bapak Muhammad Hidayaturahman (PT. Pulau Bintan Djaya), kemudian tidak lupa foto bersama dengan pose salam maritim khas UMRAH.

Pose salam maritim khas Universitas Maritim Raja Ali Haji

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here